Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri (BMRI) Salurkan Kredit Hijau (Green Loan) Rp130 Triliun

Hingga Maret 2024 penyaluran kredit hijau (green loan) Bank Mandiri (BMRI) tercatat Rp130 triliun.
Gedung kantor pusat Bank Mandiri. /Bloomberg-Dimas Ardian
Gedung kantor pusat Bank Mandiri. /Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) mencatatkan kredit hijau atau green loan senilai Rp130 triliun hingga Maret 2024. 

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar mengatakan di antara 4 bank jumbo, BMRI memiliki market share green portofolio terbesar, yaitu lebih dari 30%. Hingga Maret 2024, sustainable financing, yang terdiri dari green loan dan social loan, telah disalurkan perseroan senilai Rp264 triliun.

"Porsi pembiayaan hijau [dari sustainable financing] senilai Rp130 triliun, naik 19% dibandingkan dengan tahun sebelumnya," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Xandra, sapaan akrabnya, menambahkan pembiayaan hijau Bank Mandiri saat ini didominasi oleh sektor energi terbarukan, pengelolaan sumber daya alam (SDA) hayati dan penggunaan lahan berkelanjutan, serta bangunan ramah lingkungan.

Dalam menerapkan prinsip environmental, social, and governance (ESG), Bank Mandiri tidak hanya menyalurkan green loan atau pembiayaan hijau, tetapi juga aktif mengembangkan berbagai produk berkelanjutan seperti sustainability linked loan dan juga green bonds. Bagi nasabah ritel, Bank Mandiri saat ini juga mengembangkan produk berupa KPR hijau.

Dalam kesempatan yang sama, SVP ESG Group Bank Mandiri Citra Amelya Pane menambahkan saat ini green loan banyak diberikan ke sektor plantations atau perkebunan. Citra menekankan bahwa debitur yang diberikan pinjaman hijau ini merupakan perkebunan yang telah menerapkan metode sustainable agriculture dalam bisnisnya.

"Hal ini terbukti dengan sertifikasinya mereka, misal ada sertifikasi ISPO dan RSPO di plantation tersebut. Kalau mereka punya sertifikasi itu, based on our guidance saat ini yang berlaku di Indonesia, itu boleh dikategorikan green loan," jelasnya.

Tidak hanya sektor perkebunan saja, Citra menyebutkan green loan Bank Mandiri juga banyak disalurkan ke sektor energi terbarukan dengan nilai penyaluran yang mulai mendekati sektor perkebunan. Bahkan, sektor renewable energy ini pertumbuhannya paling tinggi dibandingkan dengan sektor lain dalam penyaluran kredit hijau dan diharapkan bisa terus bertumbuh.

Bank Mandiri (BMRI) Salurkan Kredit Hijau (Green Loan) Rp130 Triliun

Senior Vice President ESG Group Bank Mandiri Citra Amelya (kanan), Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar (tengah), dan Vice President ESG Group Bank Mandiri Adam Zahir (kiri)/Bisnis-Annisa S. Rini

Sementara, untuk social loan yang juga merupakan bagian dari sustainable loan, Bank Mandiri mengarah pada penyaluran pinjaman ke sektor UMKM, misalnya saja melalui kredit usaha rakyat (KUR). Adapun, saat ini porsi pembiayaan hijau (green loan) dan social loan BMRI disebutkan cukup seimbang.

ESG Desk

Lebih jauh, Xandra menambahkan BMRI juga mengembangkan ESG Desk dalam unit Corporate Banking dengan dua fungsi utama, yaitu Client Center yang menawarkan solusi keuangan berkelanjutan yang inovatif, serta Incubator for Expertise untuk membangun keahlian, dengan membentuk pondasi yang kuat terutama bagi para relationship manager untuk berinteraksi secara efektif dengan klien.

Bersama dengan ESG Desk, Bank Mandiri telah banyak menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD), workshop, seminar untuk klien seperti PLN Group, Pertamina Group, Semen Indonesia Group, Sinarmas Group, dan klien korporat besar lainnya.

Bank Mandiri juga mengadakan banyak pelatihan dan workshop secara internal, yang bertujuan agar semua relationship manager dapat secara aktif mengimplementasikan isu ESG dalam diskusi harian mereka dengan klien, dibandingkan 3 tahun yang lalu di mana fokus diskusi masih pada aspek bisnis seperti sumber pembayaran dan struktur kredit.

Xandra menjelaskan ESG Unit di Bank Mandiri berada langsung di bawah supervisinya yang merupakan wakil direktur utama, bukan di bawah direktur atau unit risk management. "Ini untuk menunjukkan komitmen kita terhadap ESG, khususnya bagi investor bahwa implementasi ESG di Bank Mandiri enggak main-main. Benar-benar disupervisi langsung dari wadirut," tutupnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper